Kamis, 22 Desember 2011

Kewarganegaraan


PENGERTIAN IDEOLOGI
Idea yaitu pemikiran atu gagasan
logos yaitu ilmu
jadi ideologi adalah ilmu tentang pengertian dasar/ ide. namun ideologi juga dapat diartikan sebagai cita-cita yang bersifat tetap yang harus dicapai sehingga cita-cita itu sekaligus merupakan dasar, pandangan / paham untuk menjadi pegangan hidup.

BEBERAPA PENGERTIAN IDEOLOGI MENURUT PARA AHLI :
Patrik Lorbett                       : ideologi adalah setiap struktur kejiawaan yang tersusun oleh seperangkat keyakinan mengenai penyelenggaraan hidup.
As. Hornby                          : ideologi adalah seperangkat gagasan yang membentuk landasan teori ekonomi dan politik yang dipegang oleh sekelompok orang atau seseorang.
Soejono Soemargono          : ideologi adalah kumpulan gagasan atau ide, keyakinan, dan kepercayaan yang menyeluruh serta sistematis yang menyangkut bidang politik, sosial, kebudayaan dan agama.
Gunawan Setiardja              : ideologi adalah seperangkat ide asasi tentang manusia dan seluruh realitas yang dijadikan pedoman dan cita-cita hidup.
Frans Magnis Soeseno        : ideologi adalah suatu sistem pemikiran yang dapat dibedakan menjadi ideologi tertutup dan terbuka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar